Kamis, 24 Maret 2016

TUGAS MANAJEMEN STRATEGIK ANALISIS PERUSAHAAN





PT.CITRA CAKRA PERSADA ( HONDA JEMURSARI )

 
 

Nama                           : Setiawan Arifin
Nim                              : 01213026
Prodi                            : Manajemen ( B )
Dosen Pengampu          : Dr. Arasy Alirudin , SE, MM
Mata Kuliah                 : Manajemen Strategik
Universitas                    : Narotama



SEJARAH , VISI , MISI , dan FILOSOFI / TUJUAN PT. CITRA CAKRA PERSADA
 ( HONDA JEMURSARI )


1.    SEJARAH SINGKAT INDUSTRI 
PT. CITRA CAKRA PERSADA ( HONDA JEMURSARI ) Merupakan salah satu perusahaan ATPM ( Agen Tunggal Pemegang Merk ) Honda yang berlokasi di Jl. Raya Jemursari No. 213 Surabaya , Jawa Timur . Perusahaan ini telah mengalami perubahan nama perusahaan yang sebelumnya merupakan PT. MANDALA MANDIRI MOTOR ( HONDA JEMURSARI ) Yang diresmikan oleh Mr. Kenji Otaka pada tanggal 3 Juni 2005  dengan Direktur Perusahaan yang dipimpin oleh Bapak Poernomo Anggara. 

Kemudian pada tanggal 13 Maret 2014 PT. MANDALA MANDIRI MOTOR di Hand Over  menjadi P[T. CITRA CAKRA PERSADA dibawah Kepemimpinan Bapak Sukaman Hadjanto selaku Direktur Perusahaan PT. CITRA CAKRA PERSADA atau disebut dengan Honda Jemursari . 

Bengkel Honda Jemursari dalam pelayanannya melayani 3S , yaitu Sales, Service dan Body Paint , Sparepart .dengan karyawan yang berjumlah lebih dari 100 orang karyawan . untuk bagian Service Kendaraan , Bengkel Honda Jemursari Juga menyediakan Service Car , Hal ini berguna untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam layanan service pelanggan ketika kendaraannya terjadi masalah ketika perjalanan . Honda Jemursari juga melayani penjualan Mobil Honda diantaranya, Honda Mobilio , BRV , Jazz , Brio , CRV , HRV, Accord , Civic , Freed , Streem , dan Odyseey .
                                                                       
·         Nama Perusahaan                   : PT. CITRA CAKRA PERSADA
·         Nama Bengkel                        : HONDA JEMURSARI
·         Alamat                                    : Jl. Raya Jemursari No. 213 Surabaya
·         Telp                                        : (031) 8412222 ( Service )
·         Fax                                         : (031) 8482626
·         Web                                       : www.hondajemursari.com
·         Luas Area                               : ± 6000 m2
·         Luas Bangunan                       : ± 3500 m2
·         Bidang Usaha                         :   1 Penjualan Unit Kendaraan Baru Honda (Sales)
                                                 2 Service dan Body Repair Kendaraan Honda
                                                 3 Sparepart Mobil Honda




2.      VISI  INDUSTRI
Menjadi Perusahaan yang Besar dan Terpandang serta diperhitungkan keberadaanya di Indonesia dalam lini penjualan atau maupun layanan purna jual.


3.      MISI INDUSTRI
            Menciptakan dan Membangun Sumber Daya Manusia yang Berkualitas di Bidangnya masing – masing untuk menjawab kebutuhan dan kepuasan para pelanggan Citra Cakra , Sehingga mampu memberikan Benefit dan Kontribusi yang baik bagi para Pelanggan dan Bagi Perusahaan .

      Selalu Mengikuti Perkembangan jaman dalam Aplikasi Bidang Teknologi, Serta evaluasi berkelanjutan terhadap Prosedur kerja sehingga produktivitas dan efisiensi kerja menjadi lebih baik .

      Mewujudkan Konsep “ Green Dealer “ sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar , sehingga keberadaan Citra Cakra Menjadi satu hal yang diharapkan keberadaannya untuk selalu eksis .

4.      TUJUAN ATAU FILOSOFI INDUSTRI 
      Tujuan atau Filosofi Citra Cakra adalah Berorientasi pada Pelayanan dan pelanggan . kami terus berjuang untuk mencapai standar bernilai tinggi terhadap seluruh pelayanan yang kami desain dan laksanakan . Ekspetasi dan Harapan Pelanggan adalah tujuan kami dalam menetapkan standar – standar pelayanan kami . kami yakin dan percaya Citra Cakra mampu Bersaing Bahkan mengungguli para pesaing kami .

      Tanpa Keraguan , Asset yang paling berharga dalam perusahaan kami adalah para pelanggan dan seluruh karyawan kami . Hidup dan Nafas kami adalah dari para pelanggan kami , dan kami percaya pentingnya menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk memastikan setiap pelanggan diperlakukan dengan baik sehingga tercipta kepuasan pelanggan .

      Segenap Karyawan didedikasikan untuk melakukan Pelayanan sehingga tercipta kepuasan Pelanggan , Komitmen kami kuat dan teguh atas hal tersebut . Apabila ada pelanggan yang merasa kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan , kami sudah persiapkan lini untuk kesan dan saran sebagai bahan evaluasi kami agar segera bias diambil tindakan lebih lanjut .

      Citra Cakra telah mencapai beberapa prestasi yang menakjubkan dalam waktu kurang dari 3 tahun  sejak pertama kali di dirikan . Hal ini tercipta dari kerja keras , cara pemasaran yang unik , para pemimpin yang berkomitmen, dan seluruh kinerja team yang berkontribusi pada realisasi Visi dan Misi Perusahaan . 

5.   SASARAN INDUSTRI  
       Sasaran Honda jemursari adalah memberikan rasa puas kepada semua customer dan pemegang saham dan juga untuk menjadi dealer no 1 di Indonesia         





ANALISA “SMART” DARI VISI , MISI, TUJUAN ATAU FILOSOFI PT. CITRA CAKRA PERSADA ( HONDA JEMURSARI )

VISI INDUSTRI
Menjadi Perusahaan yang Besar dan Terpandang serta diperhitungkan keberadaanya di Indonesia dalam lini penjualan atau maupun layanan purna jual.


MISI INDUSTRI
Menciptakan dan Membangun Sumber Daya Manusia yang Berkualitas di Bidangnya masing – masing untuk menjawab kebutuhan dan kepuasan para pelanggan Citra Cakra , Sehingga mampu memberikan Benefit dan Kontribusi yang baik bagi para Pelanggan dan Bagi Perusahaan .

Selalu Mengikuti Perkembangan jaman dalam Aplikasi Bidang Teknologi, Serta evaluasi berkelanjutan terhadap Prosedur kerja sehingga produktivitas dan efisiensi kerja menjadi lebih baik .

Mewujudkan Konsep “ Green Dealer “ sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar , sehingga keberadaan Citra Cakra Menjadi satu hal yang diharapkan keberadaannya untuk selalu eksis .

TUJUAN ATAU FILOSOFI INDUSTRI 

Tujuan atau Filosofi Citra Cakra adalah Berorientasi pada Pelayanan dan pelanggan . kami terus berjuang untuk mencapai standar bernilai tinggi terhadap seluruh pelayanan yang kami desain dan laksanakan . Ekspetasi dan Harapan Pelanggan adalah tujuan kami dalam menetapkan standar – standar pelayanan kami . kami yakin dan percaya Citra Cakra mampu Bersaing Bahkan mengungguli para pesaing kami .

Tanpa Keraguan , Asset yang paling berharga dalam perusahaan kami adalah para pelanggan dan seluruh karyawan kami . Hidup dan Nafas kami adalah dari para pelanggan kami , dan kami percaya pentingnya menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk memastikan setiap pelanggan diperlakukan dengan baik sehingga tercipta kepuasan pelanggan .

Segenap Karyawan didedikasikan untuk melakukan Pelayanan sehingga tercipta kepuasan Pelanggan , Komitmen kami kuat dan teguh atas hal tersebut . Apabila ada pelanggan yang merasa kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan , kami sudah persiapkan lini untuk kesan dan saran sebagai bahan evaluasi kami agar segera bias diambil tindakan lebih lanjut .

Citra Cakra telah mencapai beberapa prestasi yang menakjubkan dalam waktu kurang dari 3 tahun sejak pertama kali di dirikan . Hal ini tercipta dari kerja keras , cara pemasaran yang unik , para pemimpin yang berkomitmen, dan seluruh kinerja team yang berkontribusi pada realisasi Visi dan Misi Perusahaan .

Setelah Menganalisa Visi , Misi dan Tujuan PT. Citra Cakra Persada ( Honda Jemursari ) sudah Memenuhi kaidah – kaidah berikut atau disingkat dengan sebutan “ Smart “ , yaitu :

SIMPLE : Tujuan harus dirumuskan dalam suatu yang sederhana dan mudah dimengerti , sehingga dapat dipahami oleh semua Anggota Organisasi .

Pembuktian : Bisa dilihat dari VISI Perusahaan yaitu pada kata-kata “Menjadi Perusahaan yang Besar dan Terpandang serta diperhitungkan keberadaanya di Indonesia dalam lini penjualan atau maupun layanan purna jual. “

MEASURABLE : Jelas, Kongkrit dan Terukur dan mampu menjadi motivasi bagi Karyawan .

Pembuktian : Bisa dilihat dari Misi Perusahaan yaitu pada kata – kata “Menciptakan dan Membangun Sumber Daya Manusia yang Berkualitas di Bidangnya masing – masing untuk menjawab kebutuhan dan kepuasan para pelanggan Citra Cakra , Sehingga mampu memberikan Benefit dan Kontribusi yang baik bagi para Pelanggan dan Bagi Perusahaan .
Selalu Mengikuti Perkembangan jaman dalam Aplikasi Bidang Teknologi, Serta evaluasi berkelanjutan terhadap Prosedur kerja sehingga produktivitas dan efisiensi kerja menjadi lebih baik .”

APLIKABEL : Layak atau Perusahaan mampu untuk melakukannya.

Pembuktian : Bisa dilihat dari Misi Perusahaan yaitu pada kata-kata “Mewujudkan Konsep “ Green Dealer “ sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar , sehingga keberadaan Citra Cakra Menjadi satu hal yang diharapkan keberadaannya untuk selalu eksis “.

RELIABLE : Selalu sesuai dengan harapan dan kepentingan Stakeholder serta Perkembangan zaman atau realita kehidupan .

Pembuktian : Bisa dilihat dari Filosofi / tujuan Perusahaan yaitu pada kata-kata “kami terus b erjuang untuk mencapai standar bernilai tinggi terhadap seluruh pelayanan yang kami desain dan laksanakan . Ekspetasi dan Harapan Pelanggan adalah tujuan kami dalam menetapkan standar – standar pelayanan kami . kami yakin dan percaya Citra Cakra mampu Bersaing Bahkan mengungguli para pesaing kami .
Tanpa Keraguan , Asset yang paling berharga dalam perusahaan kami adalah para pelanggan dan seluruh karyawan kami . Hidup dan Nafas kami adalah dari para pelanggan kami , dan kami percaya pentingnya menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk memastikan setiap pelanggan diperlakukan dengan baik sehingga tercipta kepuasan pelanggan . “


TIME ABLE : Memiliki tenggang waktu atau kemampuan untuk dicapai dalam waktu tertentu.




Pembuktian : Bisa dilihat dari Filosofi / Tujuan Perusahaan yaitu pada kata-kata “ Citra Cakra telah mencapai beberapa prestasi yang menakjubkan dalam waktu kurang dari 3 tahun  sejak pertama kali di dirikan . Hal ini tercipta dari kerja keras , cara pemasaran yang unik , para pemimpin yang berkomitmen, dan seluruh kinerja team yang berkontribusi pada realisasi Visi dan Misi Perusahaan .”.


ANALISA SWOT PT.CITRA CAKRA PERSADA (HONDA JEMURSARI)

STRENGTHS  (Kekuatan)
Brand Image Mobil Mewah dan Irit bbm menjadikan mobil Honda Punya tempat tersendiri di hati masyarakat luas yang menjadikannya tetap eksis dan berkembang sampai sekarang serta kecanggihan teknologinya yang patut diperhitungkanoleh pesaingnya , dan juga harga purna jualnya yag tinggi menjadikan produk honda tidak ada matinya dipasaran .

WEAKNESSES ( Kelemahan )
Harga Unit baru yang mahal dikelasnya karena brand Honda yang membidik Kasta Menengah Keatas  membuat Para Masyarakat Kasta Menengah Kebawah sulit Mendapatkan / bahkan Menikmati Produk tersebut . Padahal masyarakat / Customer Kasta Menengah Kebawah Lumayan banyak jumlahnya .

OPPORTUNITIES ( Peluang )
Desain dan Fitur-fitur Teknologi yang terus berkembang membuat para customer 
lama dan barunya semakin Jatuh Cinta dan Tertarik pada Produk Brand Mobil Honda .

TREATHS ( Ancaman ) 
Ancaman terbesar adalah dari Brand Mobil lain yang juga terus berinovasi dalamSegi Desain dan Teknologi jadi Perkembangan Fitur-fitur dan Teknologi harus terus di 
Up Date agar tidak Ketinggalan dengan Brand Mobil lainnya .


DAYA SAING PT.CITRA CAKRA PERSADA ( HONDA JEMURSARI 





ANALISIS IFAS PT. CITRA CAKRA PERSADA ( HONDA JEMURSARI )













ANALISA EFAS PT. CITRA CAKRA PERSADA ( HONDA JEMURSARI )















DIAGRAM SWOT






MATRIK SWOT


VARIASI STRATEGI



STRATEGI BISNIS UNIT PERUSAHAAN





VARIASI STRATEGI PERUSAHAAN



BISNIS PROSES PT. CITRA CAKRA PERSADA ( HONDA JEMURSARI )



SOP PT. CITRA CAKRA PERSADA (HONDA JEMURSARI)



ANALISIS PERSAINGAN 

TABEL ANALISA PERSAINGAN HONDA JEMURSARI DENGAN PESAING UTAMA


TABEL ANALISA PERSAINGAN HONDA JEMURSARI DENGAN PRODUK JASA PENGGANTI


COMPETITIF ADVANTAGES


EVALUASI STRATEGI / KPI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar